Rangkuman Materi dan Soal Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2 Kurikulum 2013 Rev 2017
Tema 7 Kebersamaan
Subtema 1 (Kebersamaan di Rumah)
Pembelajaran 1 dan 2
KD 3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.(Bhs.Indonesia)
KD 3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3 dan 1/4 menggunakan benda benda konkret dalam kehidupan sehari-hari (Matematika)
KD 3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah (PKn)
Gambar 1. Ayah berdongeng |
Ayah Siti pandai mendongeng. Siti sangat suka
dengan dongeng. Hampir setiap minggu ayah Siti mendongeng. Seusai mendongeng,
ayah Siti menceritakan isi dongeng.
Bacalah
dongeng di bawah ini!
Gambar 2. Dongeng Tikus dan Ular |
Kecerdikan
Menumbuhkan Kebaikan
(Nurngaini Solihati, 2007)
Di
sebuah gurun pasir, hiduplah Ular dan Tikus pasir. Sebenarnya sang Ular sangat
ingin memangsa tikus, sedangkan tikus berusaha mencari akal agar ular tidak
lagi berniat memangsanya. Saat itu sang Ular sangat lapar, padahal ia sedang
tidak mempunyai sedikit pun makanan. Sedangkan tikus yang berada tidak jauh
dari sang Ular sedang asyik melahap makanannya. Sang Ular merasa tidak senang
melihat kelakuan Tikus.
Sang Ular sangat marah mendengar
ejekan Tikus. Ia lalu kembali ke sarangnya dengan perut yang lapar. Sedangkan
Tikus masih lahap dengan makanannya. Waktu terus berjalan, tetapi ular tidak
juga menemukan makanan. Ia juga enggan untuk ke luar dari sarangnya. Sementara
itu Tikus sudah lelap dalam sarangnya. Ular yang masih dalam keadaan lapar
segera mengendap-endap mend ekati sarang Tikus meski ia masih sangat kesal
terhadap Tikus. Dan kini ular telah berada di sisi Tikus yang sedang tidur
pulas.
Ular
: “Hei, Tikus. Aku sudah berada di sebelahmu dan siap untuk menyantapmu!”
Tikus
segera terbangun dari tidurnya. Sambil berpura-pura menguap, ia mulai memutar
otak agar bisa lolos dari cengkeraman sang Ular.
Tikus : “Tunggu dulu Ular, sahabatku. Kalau
kau ingin memakanku, kau harus berpikir dulu. Kita hanya berdua di sini, tidak
ada hewan lain. Jika kau memakanku maka kau akan sendiri. Kau tidak akan
mempunyai teman yang dapat kauajak men cari makan. Kalau begitu kau tidak akan
makan dan akhirnya kau akan mati!”
Sejenak
sang Ular terdiam. Ia mencoba merenungkan nasihat Tikus.
Ular mengangguk tanda mengerti.
Ular : “Baiklah kalau begitu, maafkan aku!”
Tikus pun memaafkan ular. Mereka tersenyum
bahagia, kemudian beranjak mencari makanan bersama-sama
Sumber : https://www.apologiku.com/2020/03/dongeng-tikus-dan-ular-kecerdikan.html
Gambar 3. Ibu membawa kue donat |
Selesai mendengarkan dongeng, Ibu menghidangkan 3 buah kue donat. Setiap kue dipotong menjadi dua potongan sama besar. Siti, Ali, dan Ayah mengambil masing-masing 1 potong. Berapa bagian yang di ambil oleh Siti, Ali, dan Ayah?
Gambar 4. Kue donat dibagi 2 sama besar |
Gambar 5. Gambar pecahan setengah |
Jadi, kue yang diambil oleh mereka bertiga
adalah setengah bagian, ditulis ½ .
½ sama artinya dengan 1 bagian dari 2 bagian
yang sama. Jika ingin mendapatkan bagian ½ maka kita harus membagi sebuah kue
utuh menjadi dua bagian yang sama besar.
Gambar 7. Keberagaman teman sekolah |
Tugas 1 Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 dan 2
1. Siapakah yang diceritakan dalam dongeng “Kecerdikan
Menumbuhkan Kebaikan”?
Jawab : ……………………………………………………………..
2. Bagaimana kecerdikan Tikus?
Jawab : ……………………………………………………………..
3. Mengapa Ular dan Tikus dapat hidup bersama?
Jawab : ……………………………………………………………..
4. Sebuah kertas dibagi menjadi dua bagian
sama besar. Lani dan Siti masing-masing mengambil 1 bagian. Setiap bagian jika
ditulis dalam pecahan yaitu?
Jawab : ……………………………………………………………..
5. Arsirlah bagian yang menunjukkan setengah
(1/2) bagian!
Jawab : ……………………………………………………………..
6. Sebutkan karakteristik keberagaman setiap
anggota keluargamu!
Jawab : ……………………………………………………………..
Tidak ada komentar: