HIDUP RUKUN DI SEKOLAH
TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3
Ayo mengamati!
Apa yang dilakukan oleh para siswa?
Mereka sedang membersihkan kelas.
Udin dan teman-temannya membersihkan
bersama-sama.
Kira-kira, apa manfaat kebersamaan dalam
melakukan tugas?
Apakah manfaatnya bergotong royong seperti itu?
TUGAS A (
Menyampaikan pendapat) 1 soal
1. Ceritakan pendapatmu melalui video tentang
manfaat kebersamaan dan gotong royong dalam bekerja!
Kirim videonya ke WA grub!
Ayo membaca dan menulis!
Bacalah
percakapan Udin dan teman-teman di bawah ini!
Udin : “Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian
tugas!”
Siti : “Siap, Din. Aku akan menyapu.”
Edo : “Aku akan menghapus papan tulis sampai bersih.”
Beni : “Aku akan membereskan lemari buku.”
Udin : “Terima kasih teman-teman. Ayo, kita bersihkan kelas sebaik-baiknya!”
Apakah kalian menemukan kalimat perintah dalam
percakapn Udin, Siti, Beni, dan Edo?
Siapakah yang memberikan perintah?
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Ketua kelas membagi tugas piket seperti pada
gambar.
Petugas piket bertugas :
Menyapu lantai
Membersihkan vas bunga
Merapikan meja dan kursi
Dan menghapus papan tulis
TUGAS B (2
soal)
1. Tuliskan maksud kalimat perintah yang
diucapkan Udin!
a. Kalimat perintah : …
Maksud : …
b. Kalimat perintah : …
Maksud : …
2. Tulislah menggunakan huruf tegak bersambung
tugas piket pada bacaan di atas!
a. …
b. …
c. …
d. …
Ayo menghitung!
Udin menulis tugas piket menggunakan kapur
tulis.
Udin mengambil kapur tulsi di lemari.
Mula-mula ada 242 kapur tulis.
Digunakan Udin 38 buah.
Sisa berapa kapur tulisnya?
Untuk menghitungnya dapat menggunakan
pengurangan.
Pengurangan cara panjang dan cara pendek.
Jika masih bingung, lihat video berikut ini :
Video pengurangan cara panjang dan pendek
TUGAS C (2
soal)
1. Tentukan hasil pengurangan berikut dengan
cara panjang!
a. 356 - 124 = ...
b. 572 - 45 = ...
2. Tentukan hasil pengurangan berikut dengan
cara pendek!
a. 456 - 128 = ...
b. 347 - 139 = ...
c. 283 - 158 = ...
Ayo Berkreasi!
Selain membersihkan kelas. Udin dan
teman-teman juga menghias kelas.
Mereka membuat hiasan berupa gambar-gambar .
Gambar yang mereka buat adalah benda-benda
atau makhluk hidup
Di sekitar sekolah.
Ada yang menggambar burung, Sapi, Kambing,
Pohon, dan Vas berisi bunga.
Udin dan teman-teman membuat sketsa atau
coretan terlebih dahulu.
Saat membuat sketsa jangn terlalu tebal.
Buatlah sketsa dengan pensil.
Jika sudah jadi, tebalkan dengan spidol hitam.
Lihat sketsa
burung buatan Udin di bawah ini!
Lihat hasilnya setelah diberi pewarna!
TUGAS C
(berkreasi)
Buatlah sketsa gambar benda-benda atau mahkluk
hidup disekitarmu. Sketsa saja!
Tidak ada komentar: