Tema
5 Subtema 1 Pembelajaran 5
(Keadaan
Cuaca)
A.
Pendahuluan
Masih ingat gak kemarin kita belajar apa? Kemarin kita belajar tentang makanan khas di Indonesia yang sangat beragam. Perbedaan adalah karunia tuhan. Perbedaan menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya. Perbedaan hendaknya membuat kita semakin bangga. Banggga menjadi anak Indonesia. Kita harus saling menghormati dan menjaga persatuan bangsa.
B.
Materi Pelajaran
Hari ini udin membawa 3 kue cucur khas Betawi.
1. Kue A dibagi menjadi
dua untuk Siti dan Lani. Masing-masing mendapat seperdua (1/2).
2. Kue B dibagi menjadi
tiga untuk Beni, Edo, dan Udin. Masing-masing mendapat sepertiga (1/3).
3. Kue C dibagi
menjadi empat untuk teman-teman lainnya. Masing-masing mendapatkan seperempat (1/4)
Manakah
yang besar nilainya antara ½, 1/3, dan ¼ ?
Yang paling besar adalah ½ karena masing-masing orang
pada kue cucur A, B, dan C mendapatkan satu bagian. Sehingga kue cucur yang
dibagi menjadi dua, dengan kue cucur yang dibagi menjadi tiga dan empat pasti
ukurannya lebih besar yang dibagi dua. Ukuran kue cucurnya harus sama ya…..!
Perhatikan gambar dibawah ini!
Pada gambar di atas
pecahan ½, 1/3, dan ¼ diibaratkan yang berwarna kuning. Dari gambar tersebut
kita mengetahui bahwa kue cucur ½ bagian lebih besar dari kue cucur 1/3 dan ¼ bagian.
Sedangkan kue cucur 1/3 bagian lebih besar dari kue cucur ¼ bagian.
Kesimpulan : Cara mengurutkan pecahan yang memiliki
pembilang yang sama adalah dengan melihat penyebutnya. Semakin besar
penyebutnya maka semakin kecil nilainya. Dan semakin kecil penyebutnya maka
semakin besar nilainya.
Kue
Lamang Khas daerah Padang
Satu batang lamang oleh siti dibagi menjadi 20
bagian yang sama. Kemudian oleh siti dibagikan untuk teman-temannya.
1. Jika Satu batang lamang
Siti bagi untuk 5 orang. Masing-masing mendapat 5/20 bagian Lamang.
2. Jika Satu batang
Lamang Siti bagi untuk 10 orang. Masing-masing mendapat 2/20 bagian Lamang.
Manakah nilai yang
lebih besar antaraa 4/20 dan 2/20 ? dan Siapakah yang lebih banyak mencicipi
Lamang? Apakah yang mendapat 4/20 atau 2/20 bagian?
Jawabannya adalah yang
memakan 4/20 bagian, karena dia memakan 4 potong lamang dari 20 potong.
Sedangan jika 2/20 bagian artinya dia memakan 2 potong dari 20 potong lamang.
Perhatikan yang
berwarna orange gambar di atas
Dari gambar di atas
dapat kita lihat pecahan ¼ lebih kecil dari 2/4 dan 2/4 lebih kecil dari ¾.
Kesimpulan:
Cara mengurutkan pecahan yang penyebutnya sama adalah dengan mengurutkan
pembilang saja. Jika pembilangnya besar maka nilainya juga besar dan jika
penyebutnya kecil maka nilainya juga kecil.
C.
Tugas Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5
1. Urutkan Pecahan
berikut dari terkecil!
a. 1/6, ¼, 1/5, 1/3, ½
b. 2/8, 2/5, 2/3, 2/7,
2/4
c. 3/7, ¾, 3/5, 3/6,
3/8
d. 8/15, 7/15, 9/15,
10/15, 6/15
2. Urutkan Pecahan
berikut dari terkecil!
a. 5/20, 4/20, 3/20,
2/20, 1/20
b. 8/12, 6/12, 5/12,
9/12, 7/12
c. 4/10, 7/10, 9/10,
5/10, 6/10
Tidak ada komentar: