Materi dan Soal Tematik Kelas 2 Tema 8 Subtema 3 (Aturan Keselamatan di Perjalanan Pembelajaran) 5 dan 6 Kurikulum 2013
Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 3 (Aturan Keselamatan di Perjalanan)
Pembelajaran 5 dan 6
Sebelum memulai pembelajaran hari ini, mari
bersama-sama ibu, ayah, dan anggota keluarga yang lain untuk membaca Ayat Suci
Al-Quran berikut ini. Jangan lupa membaca ta’awudz dan basmalah bersama-sama.
Surat Al-'Asr (103)
وَالْعَصْرِۙ (1)
Wal 'ashr(i) (Demi masa,)
اِنَّ
الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ (2)
Innal insaana lafii
khusr(in) (sungguh, manusia berada dalam kerugian,)
اِلَّا
الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ
وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ࣖ (3)
Illal-ladziina aamanuu wa 'amiluush-shalihaati wa tawaashau bilhaqqi
wa tawaashaubish-shabr(i) (kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan
kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk
kesabaran.)
Aturan Berlalu Lintas
Amati gambar
berikut dengan teliti!
Aturan berlalu lintas |
Apa saja aturan
berjalan di jalan raya yang kamu lihat?
Gambar 1 : Berjalan
di trotoar.
Trotoar adalah tempat bagi pejalan kaki. Trotoar sejajar dengan jalur lalu
lintas kendaraan.
Gambar 2 :
Menyebrang jalan menggunakan jembatan
penyeberangan orang (JPO).
JPO adalah sebuah jembatan untuk menyeberang jalan yang ramai dan lebar
bagi pejalan kaki.
Gambar 3 : Menyebrang
jalan pada zebra cross.
Zebra Cross adalah
jalur untuk pejalan kaki untuk menyeberang jalan.
Zebras cross
berbentuk garis-garis membujur berwarna putih dan bercelah.
Gambar 4 : Mematuhi
rambu-rambu lalu lintas.
Rambu-rambu lalu lintas
digunakan untuk pejalan kaki maupun pengguna kendaraan.
Rambu-rambu lalu
lintas berwarna merah, kuning, hijau.
Merah artinya
berhenti.
Kuning artinya
hati-hati.
Hijau artinya
jalan.
Akibat Melanggar
Peraturan Lalu-Lintas
Udin dan
teman-teman akan pergi ke rumah sahabat mereka yang terkena banjir.
Udin
berencana membantu mereka bersih-bersih rumah dan jalan.
Walaupun mereka
berbeda agama, suka, ras, dan agama, mereka tetap bersatu.
Bersatu
dalam keberagaman adalah wujud dari persatuan.
Di
perjalanan Udin melihat seseorang kecelakaan.
Perhatikan
gambar di bawah ini!
Kecelakaan di jalan |
Udin dan
teman-teman bertanya-tanya dalam hati.
Bagaimana keadaan orang yang
terjatuh tadi?
Apa penyebab dia
terjatuh?
Siapa yang akan menolong
orang tadi?
Untunglah
pak polisi sudah datang dan segera menolong orang tersebut.
Udin merasa
lega melihatnya.
Penggunaan kalimat
Tanya
Kalimat
tanya yang digunakan Udin pada cerita di atas adalah?
Bagaimana,
Apa, dan Siapa.
Kalimat
tanya di akhiri dengan tanda tanya (?)
Perhatikan
gambar banjir berikut ini!
Kerjasama dalam keberagaman |
Hari Dalam Seminggu
Banjir
terjadi pada hari Senin tanggal 2 Januari 2021.
Banjir
melanda selama 1 minggu.
Jadi,
banjir berakhir hari Senin, tanggal 9 Januari 2021.
Perhatikan gambar kalender berikut!
Kalender |
Setiap 7
hari atau 1 minggu, nama hari selalu kembali ke hari semula.
Misal , 1
minggu setelah hari Selasa pasti hari Selasa lagi.
1 minggu
setelah hari Rabu pasti hari Rabu lagi.
Sedangkan
menghitung tanggal dihitung dengan cara ditambahkan lama kejadian.
Misal,
Banjir terjadi tanggal 5 januari 2021. Banjir melanda selama 2 minggu. Kapan
banjir berakhir?
Jawab :
= 5 + 2
minggu
Ingat, 2
minggu = 14 hari
= 5 + 14
hari
= 19
Jadi,
Banjir berakhir tanggal 19 Januari 2021
Tugas Tema 8
Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6
1. Bantuan
untuk korban banjir mulai berdatangan
hari Rabu tanggal 4 Januari 2017. Bantuan terus
berdatangan selama 3 minggu. Hari dan tanggal
berapakah bantuan berakhir datang?
Jawab:
2. Warga mulai membersihkan pemukiman hari
Sabtu tanggal 7 Januari 2017. Pemukiman
benar-benar bersih setelah dibersihkan
selama 2 minggu. Hari dan tanggal berapakah
pemukiman warga benar-benar bersih?
Jawab:
3. Buatlah
kalimat tanya berdasarkan gambar di bawah ini!
4. Tentukan
gambar yang menunjukkan kerjasama dalam keberagaman di sekolah!
Tidak ada komentar: