Tema
2
Bermain
di Lingkunganku
Subtema
3 (Bermain di Lingkungan Sekolah)
Pembelajaran
1
Ayo menyimak!
Perhatikan gambar di bawah ini!
Bisakah
kalian membuat pertanyaan yang sesuai dengan gambar di atas?
Kalimat
tanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?).
Kata
tanya antara lain:
1.
Apa : menanyakan sesuatu
2.
Dimana : menanyakan tempat
3.
siapa : menanyakan seseorang
4.
kapan : menanyakan waktu
5.
Mengapa : menanyakan sebab
6.
Bagaimana : menanyakan cara
Contoh
kalimat tanya yang sesuai dengan gambar di atas adalah :
a.
Apa nama permainan yang dilakukan oleh Beni dan teman-teman?
b.
Dimana Beni dan teman-teman bermain?
c.
Kapan mereka bermain di sekolah?
Kalimat
tanya di atas sesuai dengan gambar, karena semua jawabannya ada pada gambar.
TUGAS A!
1.
Buatlah 2 pertanyaan yang sesuai dengan gambar di bawah ini!
Jawab
: …
Ayo membaca!
Waktu istirahat tiba.
Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah.
Ada yang bermain kelereng, bermain tali, dan bekel.
Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng.
Beni sedang fokus menjentikkan kelereng.
Edo dan Udin menunggu giliran sambil
mengamati kelereng di dalam lingkaran.
Banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir.
Siti, Mey, dan teman lainnya bermain lompat tali.
Mey mendapat giliran melompat.
Siti memutar tali dari sebelah kanan.
Teman lainnya memutar tali dari sebelah kiri.
Sementara itu, Dayu bersama teman sekelas
lainnya bermain estafet air.
Setelah
membaca teks di atas, bisakah anak-anak membuat pertanyaan yang jawabannya ada
pada teks?
Contoh
:
a.
Dimanakah siswa kelas dua bermain ketika jam istirahat?
Jawaban
: di halaman sekolah
Karena
pertanyaan tersebut ada jawabannya pada bacaan di atas,
Maka pertanyaan tersebut sudah tepat!
TUGAS B!
1.
Buatlah 2 pertanyaan yang jawabannya ada pada bacaan di atas!
Jawab : ….
2.
Apa saja kegiatan bermain sesuai cerita di atas?
Jawab
: ….
Ayo Membaca!
Cob
abaca sekali lagi bacaan di atas. Kelereng yang tersisa ada 6.
Bagaimana
cara membagikan 6 butir kelereng kepada 3 orang?
Caranya,
setiap anak diberi satu.
Kemudian,
sisanya dibagikan lagi setiap orang satu hingga habis.
Atau
dapat menggunakan pengurangan berulang.
6 –
3 – 3 = 0
Sama
artinya 6 : 3 = 2
Karenan
melakukan 2 kali pengurangan,
6 –
3 – 3 = 0
Jadi, setiap siswa mendapat 2 butir kelereng.
Nah,
mulai sekarang kita akan belajar pembagian.
Pembagian
dikerjakan dengan cara pengurangan berulang sampai nol.
Operasi pembagian ditulis (:).
Contoh
:
a.
10 : 5 = 10 – 5 – 5 = 0
jadi,
10 : 5 = 2
karena dikurangi dengan 5 sebanyak 2 kali.
b. 6
: 2 = 6 – 2 – 2 – 2 = 0
jadi, 6 : 2 = 3
c.
12 : 4 = 12 – 4 – 4 – 4 = 0
Jadi,
12 : 4 = 3
TUGAS C!
1.
Kerjakan dengan cara pengurangan berulang!
a. 4
: 2 = …
b. 8
: 4 = …
c. 9
: 3 = …
d.
10 : 5 = …
e.
15 : 5 = …
Tidak ada komentar: