Artikel ini berisi kumpulan FR soal pretest PPG 2022 yang keluar dan sesuai dengan indikator dan kisi-kisi terbaru tahun 2022 untuk Guru SD
Berikut soal Pretest PPG guru SD 2022 :
Field Report (FR) Soal PPG PGSD 2022
1. Pada proses pembelajaran, guru mengajak siswa menulis puisi Bersama. Guru dan para siswa Menyusun jadwal dan target waktu penyelesaian penulisan puisi. Guru juga menentukan jadwal untuk mengontrol dan mengevaluasi hasil tulisan siswa. Media pembelajaran yang memungkinkan guru dapat mengakses dan mengomentari tulisan siswa secara praktis adalah …
A. Google Classroom
B. Zoom meeting
C. Mind Mapping
D. Powerpoint
E. Google meet
2. Bu Sinta mengajarkan materi kalor. Ia mengajak siswanya untuk melakukan kegiatan ilmiah meneliti pertambahan benda akibat panas yang diberikan. Siswa telah diminta untuk membuat rumusan masalah. Langkah metode ilmiah selanjutnya yang harus dilakukan oleh siswa adalah …
A. Identifikasi masalah, penentuan hipotesis, penetapan variable
B. Penetapan variable, penentuan hipotesis, pengumpulan data
C. Penetapan hipotesis, penetapan variable, pengumpulan data
D. Penetapan variable, pengumpulan data, penentuan hipotesis
E. Perumusan masalah, penentuan hipotesis, penerapan variable
3. Guru merancang pembelajaran untuk peserta didik melalui kegiatan penelitian sederhana. Guru memberikan tahapan metode ilmiah. Hal ini dilakukan guru agar peserta didik dapat berfikir ilmiah, sistematis, dan kritis. Desain yang dilakukan oleh guru tersebut merupakan menerapan teori …
A. Kognitif
B. Psikonalisme
C. Konstruktivisme
D. Ekologis
E. Behaviouristik
4. Salah satu indikator dari muatan IPA adalah “ Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari”
Bentuk pertanyaan yang mengukur kemampuan tingkat tinggi siswa adalah …
A. Berikan contoh peristiwa konveksi dalam kehidupan sehari-hari
B. Klasifikasikan benda-benda berikut menurut kemampuan menghantarkan panasnya
C. Bedakanlah proses penghantaran panas secara konveksi dan radiasi
D. Tentukan kosakata kosakata dari artikel yang berhubungan dengan angin darat dan laut
E. Jelaskan perbedaan konduksi, radiasi, dan konveksi
5. Ibu Melda melihat bahwa dalam pembelajaran abad 21, peserta didik perlu menguasai karakteristik tertentu. Salah satunya adalah critical thinking. Critical Thinking adalah melihat masalah dengan cara baru dan menghubungkan pembelajaran lintas mata pelajaran dan disiplin ilmu.
Implementasi dalam pembelajaran oleh ibu Melda agar peserta didik menguasai karakteristik tersebut adalah …
A. Memberi tugas merancang denah rumah dari kertas kosong. Denah berukuran 20x8 cm yang merupakan skala dari 20x8 m
B. Menugaskan kelompok untuk membuat poster
C. Meminta siswa mengungkapkan gagasan dalam presentasi, dan siswa lainnya mengkritisi hasil diskusi kelompok lain yang sedang presentasi
D. Meminta siswa untuk berpendapat, apakah perubahan fungsi Gedung cagar budaya menjadi tempat wisata benar atau salah denga alasan yang kuat.
E. Membuat soal Latihan yang mendorong anak untuk memecahkan masalah. Masalah bertipe HOTS.
6. Pada saat melakukan pernapasan perut, kondisi yang terjadi adalah …
A. Menghirup udara melalui mulut, menahannya, otot diafragma datar
B. Menahan udara di dada, diafragma berkontraksi, mengeluarkan udara dari perut
C. Otot diafragma mendatar, tekanan udara di rongga dada mengecil, udara terdorong masuk
D. Hidung menahan udara, dada tetap datar, rongga perut mengembang
E. Dada mengembang, diafragma datar, menghirup udara melalui mulut
Untuk soal berikutnya bisa kalian simak di channel youtube di bawah ini!
Tidak ada komentar: