Materi dan Soal Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Pengalaman di Tempat Bermain Kurikulum 2013
Tema
5 Subtema 3 Pembelajaran 2
(Pengalaman
di Tempat Bermain)
A. Pendahuluan
Sekarang adalah jam pelajaran olahraga. Beni dan teman-teman melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pemanasan dilakukan supaya tidak cidera ketika berolahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan dilakukan di lapangan.
B. Materi Pelajaran
Cara membuat teks drama atau dialog atau percakapan :
1.
Diawali nama tokoh/orang, huruf pertama harus menggunakan huruf capital. Kemudian
spasi
2.
Setelah spasi adalah tanda titik 2 (:), kemudian spasi lagi.
3.
Setelah itu adalah tanda petik dua ( “……” )
4.
tanda titik (.) koma (,) seru (!), atau tanda tanya (?) ditulis sebulum tanda
petik dua akhir kalimat.
5.
Sebelum teks drama diberi prolog atau pembuka cerita dan di akhir teks drama
diberi epilog atau penuutp cerita.
6. Petunjuk tindakan tokoh atau kejadian ditulis dengan tanda kurung.
Perhatikan percakapan Beni dan Lani
ketika bermain kasti berikut ini.
Prolog :
Sekarang
adalah pelajaran olahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti.
Permainan sedang berlangsung. Beni melemparkan bola ke arah Lani.
Teks dialog/
naskah drama
Beni
: “ Lani, ayo tangkap bola operanku.”
Lani
: “ Aduh!” (operan Beni mengenahi kepala Lani)
Beni
: “ Maaf Lani, saya terlalu kuat melemparnya.”
Lani
: “ tidak apa-apa Beni. Aku juga kurang siap menangkap operanmu.”
Beni
: “ Terima kasih Lani. Aku akan lebih hati-hati.”
Lani
: “ Ya… Beni. Ayo, lanjutkan permainan ini.”
Epilog :
Akhirnya Beni dan teman-temannya melanjutkan permainannya sampai jam pelajaran istirahat berbunyi. Mereka sangat senang sekali.
Dari percakapan Beni dan Leni dapat ditulis isi percakapan mereka, yaitu Ketika bermain bola kasti, Beni melemparkan bola kasti terlalu keras. Bola kasti tersebut mengenahi kepala Lani. Beni langsung meminta maaf kepada Lani. Lani memaafkan Beni. Mereka akhirnya melanjutkan permainan dengan hati gembira.
Sila ke 4 : Musyawarah |
Setelah Bel masuk berbunyi, Beni dan
teman-teman berdiskusi atau musyawarah. Mereka berdiskusi tentang bermain bola
kasti sore hari nanti setelah pulang sekolah di lapangan dekat rumah Beni.
Teman-teman Beni semuanya setuju. Mereka memberikan pendapat yang sama. Akhirnya
diskusi atau musyawarah diakhiri dengan hasil mereka akan bermain bola kasti di
lapangan nanti sore pukul 15.00 WIB.
Musyawarah atau mengambil keputusan
bersama-sama untuk mendapatkan mufakat atau keputusan bersama sesuai dengan
sila ke empat Pancasila.
PANCASILA
Sila
ke empat Pancasila berbunyi : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Lambang
sila ke empat adalah kepala banteng
Makna
sila ke empat adalah musyawarah dan mufakat dalam setiap pengambilan keputusan
Contoh
pengamalan sila ke empat:
a.
Musyawarah pemilihan ketua kelas
b.
Musyawarah pemilihan ketua RT
c. Musyawarah pemilihan anggota piket dll.
C. Tugas Tema 5 Subtema
3 Pembelajaran 2
Kerjakan
soal di bawah ini dengan musyawarah bersama orang tuamu!
1.
Buatlah sebuah percakapan singkat antara kamu dan orang tuamu!
Jawab : ………………………………………………………………
2.
Tuliskan isi percakapan di bawah ini!
Beni
: “ Dayu, bolehkah aku pinjam penggarismu?”
Dayu
: “ Maaf, Beni. Penggarisku digunakan Lani. Coba pinjam ke Lani.”
Beni
: “ Baiklah, aku akan pinjam ke Lani.”
Dayu : “ Sama-sama Beni.”
Jawab : ………………………………………………………………..
3.
Tuliskan 3 contoh pengalaman sila ke empat Pancasila di sekolah!
Jawab
: ……………………………………………………………….
Tidak ada komentar: