Seo Services

Materi dan Soal Tematik Kelas 2 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2 Pengalaman di Tempat Bermain Kurikulum 2013

Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2

(Pengalaman di Tempat Bermain)

Pemanasan sebelum olahraga

A. Pendahuluan

            Sekarang adalah jam pelajaran olahraga. Beni dan teman-teman melakukan pemanasan sebelum olahraga. Pemanasan dilakukan supaya tidak cidera ketika berolahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan dilakukan di lapangan.

B. Materi Pelajaran

            Cara membuat teks drama atau dialog atau percakapan :

1. Diawali nama tokoh/orang, huruf pertama harus menggunakan huruf capital. Kemudian spasi

2. Setelah spasi adalah tanda titik 2 (:), kemudian spasi lagi.

3. Setelah itu adalah tanda petik dua ( “……” )

4. tanda titik (.) koma (,) seru (!), atau tanda tanya (?) ditulis sebulum tanda petik dua akhir kalimat.

5. Sebelum teks drama diberi prolog atau pembuka cerita dan di akhir teks drama diberi epilog atau penuutp cerita.

6. Petunjuk tindakan tokoh atau kejadian ditulis dengan tanda kurung.

       Perhatikan percakapan Beni dan Lani ketika bermain kasti berikut ini.

Prolog :

Sekarang adalah pelajaran olahraga. Beni dan teman-temannya bermain bola kasti. Permainan sedang berlangsung. Beni melemparkan bola ke arah Lani.

Teks dialog/ naskah drama

Beni : “ Lani, ayo tangkap bola operanku.”

Lani : “ Aduh!” (operan Beni mengenahi kepala Lani)

Beni : “ Maaf Lani, saya terlalu kuat melemparnya.”

Lani : “ tidak apa-apa Beni. Aku juga kurang siap menangkap operanmu.”

Beni : “ Terima kasih Lani. Aku akan lebih hati-hati.”

Lani : “ Ya… Beni. Ayo, lanjutkan permainan ini.”

Epilog :

Akhirnya Beni dan teman-temannya melanjutkan permainannya sampai jam pelajaran istirahat berbunyi. Mereka sangat senang sekali.

     Dari percakapan Beni dan Leni dapat ditulis isi percakapan mereka, yaitu Ketika bermain bola kasti, Beni melemparkan bola kasti terlalu keras. Bola kasti tersebut mengenahi kepala Lani. Beni langsung meminta maaf kepada Lani. Lani memaafkan Beni. Mereka akhirnya melanjutkan permainan dengan hati gembira.

Sila ke 4 : Musyawarah

     Setelah Bel masuk berbunyi, Beni dan teman-teman berdiskusi atau musyawarah. Mereka berdiskusi tentang bermain bola kasti sore hari nanti setelah pulang sekolah di lapangan dekat rumah Beni. Teman-teman Beni semuanya setuju. Mereka memberikan pendapat yang sama. Akhirnya diskusi atau musyawarah diakhiri dengan hasil mereka akan bermain bola kasti di lapangan nanti sore pukul 15.00 WIB.

     Musyawarah atau mengambil keputusan bersama-sama untuk mendapatkan mufakat atau keputusan bersama sesuai dengan sila ke empat Pancasila.

PANCASILA

Sila ke empat Pancasila berbunyi : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.

Lambang sila ke empat adalah kepala banteng

Makna sila ke empat adalah musyawarah dan mufakat dalam setiap pengambilan keputusan

Contoh pengamalan sila ke empat:

a. Musyawarah pemilihan ketua kelas

b. Musyawarah pemilihan ketua RT

c. Musyawarah pemilihan anggota piket dll.

C. Tugas Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 2

Kerjakan soal di bawah ini dengan musyawarah bersama orang tuamu!

1. Buatlah sebuah percakapan singkat antara kamu dan orang tuamu!

Jawab : ………………………………………………………………

2. Tuliskan isi percakapan di bawah ini!

Beni : “ Dayu, bolehkah aku pinjam penggarismu?”

Dayu : “ Maaf, Beni. Penggarisku digunakan Lani. Coba pinjam ke Lani.”

Beni : “ Baiklah, aku akan pinjam ke Lani.”

Dayu : “ Sama-sama Beni.”

Jawab : ………………………………………………………………..

3. Tuliskan 3 contoh pengalaman sila ke empat Pancasila di sekolah!

Jawab : ……………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.