Seo Services

Materi Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah Pembelajaran 1

HIDUP RUKUN DI SEKOLAH

TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1

Ayo Mengamati!

Amatilah gambar Udin dan teman-teman ketika istirahat sekolah!

Gambar di atas adalah contoh hidup rukun di sekolah.

Ada yang bermain dan mengobrol.

Ada yang berbagi bekal makanan dari rumah.

Mereka semua hidup rukun.

Tidak ada yang bertengkar.

 

Ayo Membaca!

Bacalah percakapan Udin dan Ibu sebelum berangkat ke sekolah!

Ibu       : “Din, bagilah bekal makananmu dengan temanmu!”

Udin     : “Baik bu. Mengapa kita harus berbagi, Bu?”

Ibu       : “Berbagi menunjukkan sikap rukun. Bawalah tempat bekalmu kembali, ya!”

 

Dalam percakapan Ibu dan Udin kita diajarkan hidup rukun.

Ibu meminta/menyuruh Udin berbagi makanan.

Kalimat yang digunakan Ibu adalah kalimat perintah.

 

Apa itu kalimat perintah?

a. Kalimat perintah berisi permintaan/menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu.

b. Kalimat perintah diakhiri tanda seru (!).

c. Kalimat perintah diucapkan dengan sopan.

Bacalah kembali percakapan Ibu dan Udin.

Adakah kalimat perintahnya?

a. Bagilah bekal makananmu dengan temanmu!

b. Bawalah tempat bekalmu kembali, ya!

 

TUGAS A (1 soal)

1. Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat perintah!

a. __________________ ke kelas setelah belberbunyi!
b. __________________ kebersihan kelas!
c. __________________ pintu setelah masuk kedalam ruangan!
d. __________________ buku-buku di rak agarterlihat rapi!
e. __________________ sampah pada tempatnya!

 

Ayo berhitung!

Ketika istirahat sekolah tampak rame.

Siswa di sekolah Udin sangat banyak.

Ada 125 siswa laki-laki

Dan 117 siswa perempuan.

Jumlah siswa di sekolah Udin seluruhnya adalah 242 siswa.

Bagaimana cara menjumlahnya?

 

Cara penjumlahan cara panjang dan pendek.

a. Cara Panjang

Contoh : 125 + 117

125 = 100 + 20 + 5
117 = 100 + 10 + 7
--------------------------+
       = 200 + 30 + 12
       = 200 + 30 + 10 + 2
       = 200 + 40 + 2
       = 242

b. Cara Pendek

Kalau masih bingung, simaklah videonya beriku ini : Video Penjumlahan cara panjang dan Video Penjumlahan cara pendek

TUGAS B ( 2 soal)

1. Tentukan hasil penjumlahan berikut dengan cara panjang!

2. Tentukan hasil penjumlahan berikut dengan cara pendek!

Ayo Menggambar dan mewarna!

Udin, Edo, dan Siti menggambar dengan Krayon, pensil warna, dan spidol.

Hasil perwarnaan mereka berbeda sekali.

Lihat gambar di bawah ini!

Gambar 1 menggunakan krayon, warnanya dapat bercampur dengan baik. Dan harus digosok supaya merata.

Gambar 2 menggunakan pensil warna

Gambar 3 menggunakan spidol, warnanya sulit dicampur.

 

TUGAS C (1 soal)

Gambarlah pemandangan menggunakan krayon, pensil warna, atau spidol!kirim gambar ke WA Grub!

Catatan : Tidak boleh gunung kembar, tidak boleh rumah segitiga dan persegi, dan tidak boleh matahari tersenyum!

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.