HIDUP RUKUN DI SEKOLAH
TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1
Ayo Mengamati!
Amatilah
gambar Udin dan teman-teman ketika istirahat sekolah!
Gambar di atas adalah contoh hidup rukun di
sekolah.
Ada yang bermain dan mengobrol.
Ada yang berbagi bekal makanan dari rumah.
Mereka semua hidup rukun.
Tidak ada yang bertengkar.
Ayo Membaca!
Bacalah
percakapan Udin dan Ibu sebelum berangkat ke sekolah!
Ibu :
“Din, bagilah bekal makananmu dengan
temanmu!”
Udin :
“Baik bu. Mengapa kita harus berbagi, Bu?”
Ibu :
“Berbagi menunjukkan sikap rukun. Bawalah
tempat bekalmu kembali, ya!”
Dalam percakapan Ibu dan Udin kita diajarkan
hidup rukun.
Ibu meminta/menyuruh Udin berbagi makanan.
Kalimat yang digunakan Ibu adalah kalimat
perintah.
Apa itu kalimat perintah?
a. Kalimat perintah berisi permintaan/menyuruh orang lain untuk
melakukan sesuatu.
b. Kalimat perintah diakhiri tanda seru (!).
c. Kalimat perintah diucapkan dengan sopan.
Bacalah kembali percakapan Ibu dan Udin.
Adakah kalimat perintahnya?
a. Bagilah
bekal makananmu dengan temanmu!
b. Bawalah
tempat bekalmu kembali, ya!
TUGAS A (1 soal)
1. Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat
perintah!
a. __________________ ke kelas setelah
belberbunyi!
b. __________________ kebersihan kelas!
c. __________________ pintu setelah masuk kedalam ruangan!
d. __________________ buku-buku di rak agarterlihat rapi!
e. __________________ sampah pada tempatnya!
Ayo berhitung!
Ketika istirahat
sekolah tampak rame.
Siswa di
sekolah Udin sangat banyak.
Ada 125 siswa laki-laki
Dan 117 siswa perempuan.
Jumlah siswa di sekolah Udin seluruhnya adalah
242 siswa.
Bagaimana cara menjumlahnya?
Cara penjumlahan cara panjang dan pendek.
a. Cara Panjang
Contoh : 125 + 117
125 = 100 + 20 + 5
117 = 100 + 10 + 7
--------------------------+
= 200 + 30 + 12
= 200 + 30 + 10 + 2
= 200 + 40 + 2
= 242
b. Cara Pendek
Kalau masih bingung, simaklah videonya beriku ini : Video Penjumlahan cara panjang dan Video Penjumlahan cara pendek
TUGAS B ( 2
soal)
1. Tentukan hasil penjumlahan berikut dengan
cara panjang!
2. Tentukan hasil penjumlahan berikut dengan
cara pendek!
Ayo Menggambar dan mewarna!
Udin, Edo,
dan Siti menggambar dengan Krayon, pensil warna, dan spidol.
Hasil perwarnaan mereka berbeda sekali.
Lihat gambar di bawah ini!
Gambar 1 menggunakan krayon, warnanya dapat
bercampur dengan baik. Dan harus digosok supaya merata.
Gambar 2 menggunakan pensil warna
Gambar 3 menggunakan spidol, warnanya sulit
dicampur.
TUGAS C (1
soal)
Gambarlah pemandangan menggunakan krayon,
pensil warna, atau spidol!kirim gambar ke WA Grub!
Catatan : Tidak boleh gunung kembar, tidak boleh rumah segitiga dan
persegi, dan tidak boleh matahari tersenyum!
Tidak ada komentar: