HIDUP RUKUN DI SEKOLAH
TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2
Ayo mengamati!
Perhatikan
gambar Udin dan teman-temannya!
Udin dan teman-teman bermain lari
berpasangan.
Sebelum berlari, mereka melakukan pemanasan
terlebih dahulu.
Lari berpasangan dapat dijadikan sebuah
perlombaan.
Nama perlombaannya lomba lari berpasangan.
TUGAS A ( 2
soal)
1. Lari berpasangan dilakukan secara ….
2. Bagaimana cara menentukan pemenang lomba
lari berpasangan?
Ayo membaca!
Bacalah teks di bawah ini dengan nyaring dan lafal
yang benar!
Berolahraga
Bersama
Hari ini Udin dan teman-teman
berolahraga.
Pak Guru meminta siswa untuk berlari berpasangan.
Udin berpasangan dengan Edo.
Tiba-tiba mereka terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Kaki Edo terluka dan berdarah.
Udin membantu Edo berdiri.
Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Pak Guru pun mengingatkan siswa lainnya.
Berhati-hatilah ketika berlari!
Samakan langkah kalian terlebih dahulu!
Setelah membaca, Apakah kalian menemukan kalimat perintah?
Ingat, kalimat perintah berisi permintaan atau
menyuruh orang lain.
Kalimat perintah diakhiri tanda seru (!)
TUGAS B (1
soal)
1. Tuliskan dua kalimat perintah yang ada pada
bacaan “berolahraga Bersama”!
a. …
b. …
Ayo menulis dan membaca!
Amatilah
gambar-gambar di bawah ini!
Apa yang sedang mereka lakukan?
Mereka berdoa sebelum memulai pelajaran
sekolah.
Berdoa sebelum belajar sesuai dengan pengamalan Pancasila sila pertama.
Walaupun
berbeda agama, mereka tetap saling menghargai
dan berdoa bersama.
Menghargai perbedaan agama merupakan contoh
pengamalan sila pertama Pancasila
Perhatikan dua gambar di atas!
Gambar 1, Mereka saling berbagi makanan.
Saling berbagi, tolong menolong, merupakan pengamalan sila kedua Pancasila.
Gambar 2, Edo dan Udin bermain bersama
walaupun berbeda agama.
Menghargai
perbedaan agama merupakan
pengmalan Pancasila sila pertama.
TUGAS C ( 1
soal)
1. Sebutkan masing-masing 2 contoh pengamalan
Pancasila sila kedua di sekolah!
Sila Pertama |
Sila Kedua |
…. |
…. |
…. |
…. |
Tidak ada komentar: