Seo Services

Materi Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat Pembelajaran 6

HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT

TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6

Ayo Mengamati!

“ Tutur kata yang baik, menjaga persatuan dan kesatuan”

Bacalah dongeng di bawah ini dengan cermat!

                        Kisah Jeje si Jerapah

Di padang rumput yang luas hiduplah sekelompok

jerapah. Ada jerapah bernama Jeje dan Jojo.

Jeje bersifat sombong karena merasa tubuhnya

paling tinggi. Jojo bersifat baik hati, tubuhnya tidak

terlalu tinggi.

Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong

pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong

diambilkan daun segar.

Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya

sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga

mengambil daun segar untuk kakek jerapah.

Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh,

kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan

lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka

menolong Jeje.

Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar

teman itu penting.

 

Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari cerita di atas?

Kita tidak boleh sombong” dan “ menolong siapa saja yang membutuhkan bantuan

 

Dalam cerita di atas juga terdapat pengamalan pacasila sila keempat dan kelima:

Teman-teman jeje bergotong royong membantu ketika terjebak bebatuan.

Gotong royong dan bermusyawarah merupakan pengamalan sila keempat.

Sila keempat disimbolkan dengan kepala banteng.

 

Teman-teman Jeje mau menolongnya walaupun jeje anak yang sombong.

Artinya, mereka tidak membeda-bedakan teman.

Mereka anak-anak yang adil dan beradab.

Mau menolong orang yang kesusahan.

Sikap adil dan mau menolong merupakan pengamalan sila kelima.

Sila kelima disimbolkan dengan Padi dan Kapas.

 

TUGAS A ( 2 soal)

1. Tuliskan kalimat penolakan yang ada pada cerita “Kisah Jeje si Jerapah”!

2. Tuliskan sikap yang sesuai sila keempat dan kelima berdasarkan gambar di bawah ini!



Sila Keempat

Sila Kelima

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Berlatih!

Perhatikan cerita matematika berikut ini!

1. Ibu membeli 120 butir telur untuk membuat produk kue. Diperjalan pulang, Ibu membeli lagi 100 butir. Tetapi ketika sampai dijalan berlubang, telurnya terjatuh dan pecah 80 butir.

Tinggal berapa butir telur yang masih utuh?

 

Nah, cerita di atas dapat dirubah ke dalam bentuk matematika menjadi:

120 + 100 – 80

Kalian dapat menghitungnya dengan cara pendek!

Ingat, hitung dari depan terlebih dahulu.

 

TUGAS C (2 soal)

Buatlah cerita metamatika yang penyelesaiannya ada dibawah ini! Kemudian kerjakan!

1. 193 + 117 – 200

2. 298 – 147 + 199

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.