HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT
TEMA 1 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6
Ayo Mengamati!
“ Tutur kata yang baik, menjaga persatuan dan kesatuan”
Bacalah dongeng di
bawah ini dengan cermat!
Kisah Jeje si Jerapah
Di padang rumput yang luas hiduplah sekelompok
jerapah. Ada jerapah bernama Jeje dan Jojo.
Jeje bersifat sombong karena merasa tubuhnya
paling tinggi. Jojo bersifat baik hati, tubuhnya tidak
terlalu tinggi.
Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong
pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong
diambilkan daun segar.
Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya
sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga
mengambil daun segar untuk kakek jerapah.
Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh,
kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan
lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka
menolong Jeje.
Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar
teman itu penting.
Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari cerita di atas?
“Kita tidak boleh sombong”
dan “ menolong siapa saja yang
membutuhkan bantuan”
Dalam cerita di atas juga terdapat pengamalan pacasila sila keempat dan
kelima:
Teman-teman jeje bergotong royong membantu ketika terjebak bebatuan.
Gotong royong dan bermusyawarah merupakan
pengamalan sila keempat.
Sila keempat disimbolkan dengan kepala
banteng.
Teman-teman Jeje mau menolongnya walaupun jeje anak yang sombong.
Artinya, mereka tidak membeda-bedakan teman.
Mereka anak-anak yang adil dan beradab.
Mau menolong orang yang kesusahan.
Sikap adil dan mau
menolong merupakan pengamalan sila kelima.
Sila kelima
disimbolkan dengan Padi dan Kapas.
TUGAS A ( 2 soal)
1. Tuliskan kalimat penolakan yang ada pada cerita “Kisah Jeje si
Jerapah”!
2. Tuliskan sikap yang sesuai sila keempat dan kelima berdasarkan gambar
di bawah ini!
Sila Keempat |
Sila Kelima |
|
|
|
|
|
|
Ayo Berlatih!
Perhatikan cerita matematika berikut ini!
1. Ibu membeli 120 butir telur untuk membuat produk kue. Diperjalan
pulang, Ibu membeli lagi 100 butir. Tetapi ketika sampai dijalan berlubang, telurnya
terjatuh dan pecah 80 butir.
Tinggal berapa butir telur yang masih utuh?
Nah, cerita di atas dapat dirubah ke dalam bentuk matematika menjadi:
120 + 100 – 80
Kalian dapat menghitungnya dengan cara pendek!
Ingat, hitung dari depan terlebih dahulu.
TUGAS C (2 soal)
Buatlah cerita metamatika yang penyelesaiannya ada dibawah ini! Kemudian
kerjakan!
1. 193 + 117 – 200
2. 298 – 147 + 199
Tidak ada komentar: