Rangkuman Materi dan Soal Tematik Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan di Tempat Bermain Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4 K13
Tema 7 Kebersamaan
Subtema 3 (Kebersamaan di Tempat
Bermain)
Pembelajaran 3 dan 4
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah. (PPKn)
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan (Bahasa Indonesia)
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis (Bahasa Indonesia)
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2 , 1/3, dan 1/4 menggunakan bendabenda konkret dalam kehidupan sehari-hari.(Matematika)
Bermain di Kebun Sekolah
Gambar 1. Kebun Sekolah |
Saat istirahat, Siti dan
teman-temannya bermain di kebun sekolah.
Di kebun ada banyak tanaman obat keluarga (toga)
Sebelum ke kebun sekolah, Siti datang
ke perpustakaan terlebih dahulu.
Perpustakaan adalah tempat membaca dan
meminjam buku-buku.
Siti membawa buku yang ia pinjam dari
perpustakaan ke kebun.
Siti meminjam buku dongeng tentang “Semut dan Belalang”.
Bacalah cerita “Semut dan Belalang”
berikut!
Semut dan Belalang
Lala : “Kamu mau ke mana, Mumut?”
Mumut : “Aku sedang jalan-jalan sambil
mencari
makanan, Lala”.
Lala : “Hati-hati di jalan Mut,
semoga kamu
mendapat
makanan yang banyak. Aku
pergi
dulu, ya”.
Mumut : “Iya Lala,
kamu juga hati-hati di jalan”.
Mumut
bertemu dengan Kribo.
Mumut : “Ada yang bisa saya bantu, Teman?”
Kribo
: “Emang kami teman kamu!
Jangan
sok
jadi teman lah, sekarang cepat
serahkan
makanan itu”.
Mumut : “Aku tidak akan menyerahkan
makanan
ini, aku mencarinya dengan
susah
payah”.
Selesai membaca dongeng.
Gambar 2. Fabel Kupu-kupu dan Semut |
Siti dan teman-teman melihat Dayu
berlari ke arah mereka.
Dayu membawa buku cerita yang dipinjam
dari perpustakaan.
Mereka membaca buku bersama. Mereka teman yang rukun.
Buku yang dibawa Dayu berjudul “Kupu-kupu Berhati Mulia”.
Gambar 3. bermain Ular Naga |
Di dalam SD Negeri Kalibatur 04
terdapat halaman luas.
Banyak siswa bermain di halaman ketika
jam istirahat.
Berbagai permainan dilakukan oleh
siswa.
Mereka bermain bersama dengan rukun.
Siti, Dayu, dan teman-teman lainnya
sedang bermain “Ular Naga”.
Jam istirahatpun telah habis.
Anak-anak masuk ke dalam kelas.
Mereka mendapatkan tugas mewarnai
gambar.
Mereka mewarnai gambar sehingga
menunjukkan pecahan!
Gambar bangun 1 bagian utuh mereka
beri warna biru.
Gambar bangun ½ bagian mereka beri warna
merah.
Gambar bangun 1/3 bagian mereka beri
warna hijau.
Gambar bangun ¼ bagian mereka beri
warna kuning.
Lihatlah hasil mewarna mereka berikut ini!
Gambar 4. pecahan utuh, 1/2, 1/3, dan 1/4 |
Tugas Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3 dan 4
1. Sebutkan semua kata sapaan (panggilan) yang ada pada cerita
“ Semut dan Belalang”!
Jawab : …………………………………………………………….
2. Ceritakan secara singkat cerita “Kupu-kupu Berhati Mulia” dengan
bahasamu sendiri!
(Klik disini untuk baca cerita)
Jawab : ……………………………………………………………
3. Pesan apa yang kamu peroleh dari
kisah “Kupu-kupu Berhati Mulia”?.
Jawab : ……………………………………………………………
4. Buatlah tabel nama dan permainan
tradisional yang pernah dilakukan anggota keluargamu ketika sekolah dulu!
Jawab : …………………………………………………………….
5. Warnai gambar di bawah ini sehingga menunjukkan 1 bagian, ½
bagian, 1/3 bagian, dan ¼ bagian!
(Warna seperti contoh pada bacaan) !
Tidak ada komentar: