Seo Services

Materi Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6 (Bermain di Lingkungan Sekolah) K13

Tema 2
Bermain di Lingkunganku
Subtema 3 (Bermain di Lingkungan Sekolah)
Pembelajaran 6

Ayo Membaca!

Perhatikan gambar di bawah ini!

 

                        Sepak Bola
Beni gemar bermain sepak bola.
Satu tim sepak bola terdiri atas 11 orang
pemain inti dan beberapa pemain cadangan.
Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol
sebanyak-banyaknya dengan menendang bola
ke gawang lawan.
Sepak bola dimainkan di lapangan rumput
yang berbentuk persegi panjang.
Hanya penjaga gawang saja yang berhak
menyentuh bola dengan tangan di dalam
daerah gawangnya.
Sepuluh pemain lainnya diizinkan
menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan.

Tim yang mencetak gol paling banyak pada
akhir pertandingan adalah pemenangnya.
Jika hingga waktu berakhir skornya
masih imbang, dapat dilakukan undian,
perpanjangan waktu, atau adu penalti.
Wasit menggunakan peluit untuk memulai
permainan, pelanggaran, dan akhir permainan.

 

Nah, anak-anak sudah membaca tata tertib bermain sepak bola.

Mengapa tata tertib itu penting?

Manfaat melaksanakan tata tertib:

1. Berlatih disiplin

2. Agar segala sesuatu berjalan dengan baik.

3. Melatih bertanggung jawab.

4. Membiasakan diri untuk selalu ramah.

Akibat tidak mematuhi tata tertib adalah mendapatkan sanksi atau hukuman.

TUGAS A!

1. Carilah makna dari kata berikut ini!

Kata

Maknanya

Tim

 

Inti

 

Gol

 

Gawang

 

penalti

 

 

2. Buatlah kalimat dengan kata berikut ini!

a. tim   : …

b. inti  : …

c. gol   : …

d. gawang     : …

e. Penalti       : …

 

Ayo Berlatih!

Dalam permainan sepak bola terdapat 11 pemain.

Tim yang ikut berlomba ada 5 tim.

Berapa jumlah seluruh pemain?

Jawabannya adalah 5 x 11 = 55

Bentuk perkalian dapat dirubah menjadi bentuk pembagian sebagai berikut:

55 – 11 – 11 – 11 – 11 -11 = 0

Jadi, 55 : 11 = 5 , Karena 5 x 11 = 55

Wah,mudah sekali kan?

Anak-anak harus dapat mengurangkan dengan benar sampai nol.

Ayo kita coba sekali lagi!

Misal bentuk pengurangannya seperti ini:

20 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4  = 0

Artinya, 20 : 4 = 5, karena 5 x 4 = 20

Apakah masih bingung?

Jika bingung kita coba sekali lagi ya!

Misal bentuk pengurangannya seperti ini:

30 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 – 5 = 0

Artinya, 30 : 5 = 6, karena 6 x 5 = 30

Wah, anak-anak sudah pandai. Saatnya kita berlatih!

TUGAS B!

1. Kerjakan soal di bawah ini!

a)         27 - ................................
            27 : 9 = .... karena .... × .... = ....
b)         30 - ................................
            30 : 2 = .... karena .... × .... = ....
c)         32 - ...................... ..........
            32 : 8 = .... karena .... × .... = ....
d)         33 - ................................
            33 : 3 = .... karena .... × .... = ....
e)         36 - ................................
            36 : 3 = .... karena .... × .... = ....

2. Tentukan hasilnya!

a. 16 : 2 = ...
b. 21 : 3 = ...
c. 32 : 4 = ...
d. 35 : 5 = ...
e. 48 : 6 = ...

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.