Tema
2
Bermain
di Lingkunganku
Subtema
3 (Bermain di Lingkungan Sekolah)
Pembelajaran
5
Ayo Mengamati!
Amatilah gambar di bawah
ini!
Bagaimana cara bermain
estafet bola?
a. Terdapat dua baris yang
berjarak.
b.
Bola diberikan
kepada kepala tim di depan
c.
Bola yang
dipegang harus diberikan kepada teman di belakang dengan memutar badan tanpa
memindahkan kaki.
Ayo Membaca!
Bacalah teks percakapan
berikut!
Udin : “Dayu, mengapa kamu terlambat?”
Dayu : “ Saya jajan dulu”
Udin : “Wah,jajan kan ada waktunya! Kenapa kamu membuang sampah
sembarangan?Ada tempat sampah disana!”
Dayu : “Ah, terlalu jauh! Jadi, biarkan sajalah!
Udin : “Itukan bagian dari tata tertib di sekolah kita. Kita harus
membuang sampah di tempat sampah!”
Dayu : “Bagaimana dengan tata tertib ketika upacara?”
Tata Tertib
Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib
mengikuti upacara bendera pada hari Senin.
Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.
Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke
sekolah sebelum pembelajaran dimulai.
Sebelum masuk ke kelas, kita harus berbaris dengan
rapi di depan kelas.
Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah
berada di kelas.
Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah
pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas.
Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi
tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa.
Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami
tanaman yang berada di depan kelasnya.
Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa,
sopan, dan santun.
TUGAS A!
1. Jelaskan cara bermain
bola estafet!
Jawab : …
2. Sebutkan tata tertib
ketika di kelas!
Jawab : …
3. Sebutkan tata tertib
ketika upacara bendera!
Jawab : …
Ayo Menulis!
Setelah olahraga Dayu dan
teman-teman mendapat tugas untuk melakukan wawancara.
Mereka diminta oleh guru
untuk membuat daftar pertanyaan terlebih dahulu.
Masih ingatkan kata tanya
itu apa saja?
Kata tanya terdiri dari : apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan
bagaimana!
Kata tanya apa digunakan
untuk menanyakan sesuatu hal.
Kata tanya siapa digunakan
untuk menanyakan orang.
Kata tanya kapan digunakan
untuk menanyakan waktu.
Kata tanya mengapa digunakan
untuk menanyakan sebab akibat.
Dan kata tanya bagiamana
untuk menanyakan sebuah cara.
TUGAS B!
1. Buatlah lima pertanyaan
menggunakan kata tanya apa, siapa,
dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana!
Kata
Tanya |
Pertanyaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ayo Membaca!
Keragaman Benda
Benda
dapat dibedakan berdasarkan wujud dan sifatnya.
Wujud
benda ada 3 yaitu benda padat, cair, dan gas.
Benda
padat memiliki ciri-ciri yaitu, jika dipindahkan bentuknya tetap.
Sedangkan
benda cair dan gas bentuknya selalu sesuai
tempatnya.
Permukaan
suatu benda ada yang halus dan ada yang kasar.
Benda
yang permukaannya kasar contohnya adalah batu.
Benda
yang permukaannya halus contohnya kertas.
Semua
benda memiliki ciri-cirinya masing-masing.
TUGAS C!
1. Sebutkan Benda-benda yang
permukaannya halus dan kasar.masing-masing 3!
Tidak ada komentar: