Tema
2
Bermain
di Lingkunganku
Subtema
3 (Bermain di Lingkungan Sekolah)
Pembelajaran
4
Ayo Mengamati!
Amati
gambar di bawah dengan cermat!
Bisakah
kalian membuat pertanyaan berdasarkan gambar di atas?
Masih
ingatkah dengan kata tanya?
1.
Apa : menanyakan sesuatu
2.
Dimana : menanyakan tempat
3.
siapa : menanyakan seseorang
4.
kapan : menanyakan waktu
5.
Mengapa : menanyakan sebab
6.
Bagaimana : menanyakan cara
7.
Berapa : menanyakan jumlah
Kira-kira
pertanyaan apa yang cocok dengan gambar di atas!
Misal,
a.
Apa nama permainan yang dilakukan Beni dan teman-teman?
b.
Berapa banyak anak yang bermain?
c.
Siapa saja yang bermain disana?
d.
Bagaimana cara bermain permainan tersebut?
TUGAS A!
1. Isilah
dengan kata tanya yang tepat!
a.
…….. yang dipersiapkan sebelum berangkat ke sekolah?
b.
…….. nama ayahmu?
c.
…….. kamu datang berkunjung ke rumahku?
d.
…….. kamu simpan buku tabunganmu?
e.
…….. caranya menanam kaktus yang benar?
Ayo Berlatih!
Bacalah teks percakapan berikut!
Ternyata
pembagian dapat diubah menjadi bentuk perkalian.
Bagaimana
caranya?
Begini,
saat saya memasukkan 6 bola kertas ke dalam 3 kantong plastik.
Maka,
6 :
3 = 2, bisa dirubah ke bentuk perkalian.
3 x
2 = 6
2 x 3 = 6
Contoh
lain:
a.
12 : 4 = ….
Jawabannya
adalah 3 , karena 3 x 4 = 12
Jadi,
12 : 4 = 3 karena 3 x 4 = 12
b.
15 : 3 = 5 karena 5 x 3 = 15
c.
20 : 5 = 4 karena 4 x 5 = 20
d.
27 : 3 = 9 karena 9 x 3 = 27
e. 32
: 4 = 8 karena 8 x 4 = 32
Kesimpulannya,
Jika kalian hafal perkalian maka mengerjakan pembagiannya menjadi lebih mudah.
Misal,
40 :
5 = …
Jika
kalian hafal perkalian, maka lebih mudah mengerjakannya.
Bisa
mencari perkalian 5.
5 x
… hasilnya 40, yaitu
5 x 8 = 40
Jadi,
40 : 5 = 8
TUGAS B!
1.
Kerjakan dengan cermat dan ubah ke bentuk perkalian!
a. 8
: 2 = …. Karena …. X 2 = 8
b.
10 : 2 = …. Karena …. X …. = ….
c.
12 : 3 = …. Karena …. X …. = ….
d.
14 : 7 = …. Karena …. X …. = ….
e.
15 : 5 = …. Karena …. X …. = ….
f. 16 : 8 = …. Karena …. X …. = ….
g.
21 : 3 = …. Karena …. X …. = ….
h.
24 : 4 = …. Karena …. X …. = ….
I .
25 : 5 = …. Karena …. X …. = ….
J.
30 : 5 = …. Karena …. X …. = ….
Ayo Membaca!
Bagaimana
cara menggambar imajinatif?
Apa
saja langkah-langkah yang perlu diperhatikan?
1.
Menentukan tema gambar
2.
Mencari ide tentang tema yang telah ditentukan
3.
Mempersiapkan alat dan bahan
4.
Membuat sketsa gambar imajinatif menggunakan pensil
5. Mewarnai sketsa gambar
Contoh
gambar imajinatif:
Tidak ada komentar: