Seo Services

Contoh Soal Pembelajaran Matematika SD PDGK4406

Soal Pembelajaran Matematika SD 

PDGK4406  

1. Seorang guru harus memiliki pengetahuan cakrawala yang luas, termasuk bagaimana menerapkan 3 prinsip (tahapan/tingkatan) dari teori Bruner dalam pembelajaran matematika. Bagaimana cara Anda untuk menjelaskan bahwa 4 ÷ 3 = 4/3 menggunakan 3 prinsip teori tersebut?

Pembahasan:

a. Tahap enaktif:

Untuk menemukan 4 : 3
Kita akan menggunakan 4 pita dengan merah dengan ukuran yang sama.

 



Kertas tersebut dibagi kepada 3 siswa. Sehingga masing-masing anak akan mendapat 1 pita utuh. Akan ada sisa 1 pita merah. Masing-masing pita merah sisa kemudian dipotong menjadi 3. Sehingga masing-masing anak akan mendapat 1 potongan pita lagi. Berikut pita yang diperoleh oleh masing-masing anak yang menunjukkan 4 : 3

 

Untuk menemukan 4/3
Ambil pita dengan warna biru dengan ukuran sama dengan pita merah. Bagi pita biru menjadi 3 bagian sehingga akan diperoleh pecahan 1/3.

Minta siswa untuk mengambil potongan 1/3 sebanyak 4 buah untuk menunjukkan pecahan 4/3.

Untuk membandingkan 4 : 3 = 4/3
Minta siswa yang mendapat pita merah untuk menyambungkan pita yang didapat (4:3). Kemudian minta siswa yang mengambil 4 pita biru yang menunjukkan 4/3 untuk menyambungkan pita juga. Minta siswa untuk membandingkan panjang pita yang diperoleh.

 

Siswa akan menyimpulkan ternyata panjang 4 : 3 = 4/3 setelah membandingkan panjang pita merah dengan pita biru.

b. Tahap Ikonik
Dalam tahap ikonik ini, siswa diminta untuk garis bilangan dengan panjang 4 satuan, kemudian tentukan panjang 4 : 3 dalam garis bilangan tersebut.
Siswa diminta membuat garis bilangan di bawahnya dengan ukuran yang sama. Kemudian, garis bilangan diisi pecahan 1/3, 2/3, 3/3, 4/3, dst sampai 15/3
Minta siswa membandingkan garis bilangan yang di atas (4 : 3) dengan yang dibawah (4/3), mereka akan menemukan bahwa panjangnya sama.

c. Tahap Simbolik
Dalam tahap ini siswa diminta untuk menghitung dengan menggunakan angka
4 : 3 = 1 1/3
4/3 = 1 1/3
Dari sana siswa akan melihat bahwa 5 : 3 = 5/3.

2. Sebuah bak air mandi menyerupai balok memiliki alas miring yang digunakan untuk memperlancar dalam menguras air. Bak tersebut memiliki panjang 4 ubin dan lebar 3 ubin sedangkan tingginya dua kali lebarnya. Jika setiap ubin berbentuk persegi ukuran 25 cm, berapa maksimal volume air yang dapat ditampung oleh bak mandi tersebut?

Pembahasan:

Panjang bak mandi = 4 ubin

Lebar bak mandi = 3 ubin

Tinggi bak mandi = 6 ubin

Panjang sisi ubin = 25 cm, sehingga

Panjang bak mandi = 4 x 25 cm = 100 cm

Lebar bak mandi = 3 x 25 cm = 75 cm

Tinggi bak mandi = 6 x 25 = 150 cm

Volume bak mandi = P x l x t = 100 x 75 x 150 = 1.125.000 cm3.

Volume maksimal tidak dapat dihitung karena ketinggian kemiringan tidak diketahui. 

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.