Seo Services

50+ Soal PPPK Kompetensi Manajerial lengkap dengan pembahasan terbaru 2021

Kompetensi Managerial soal PPPK

Berikut 50 soal tentang kompetensi managerial PPPK tahun 2021 terbaru. Kompetensi managerial berhubungan dengan kompetensi sebuah karakteristik individu yang merujuk pada kriteria afektif dan kinerja yang unggul dalam jabatan struktural sebuah pemerintahan.


Dalam menghadapi test PPPK (P3K) 2021 kita harus perbanyak soal-soal latihan sehingga kemampuan akan lebih terasah, kita mampu memahami variasi-variasi soal yang akan diujikan. Atau mungkin soal-soal yang akan di tampilkan dalam artikel ini akan muncul di tes PPPK tahun 2021 yang akan segera datang.


Untuk Contoh soal test PPPK yang lain seperti Kompetensi Teknis dan sosio kultural, dapat dibaca di 50 soal kompetensi teknis dan 50 soal sosio kultural


Tes Kemampuan Managerial PPPK (P3K) 2021

Soal No 1

Pak Zain Arif berangkat ke kantor mengendarai mobil sport barunya, dia sedang terburu-buru. Pak Zain Arif berhenti di perempatan jalan karena lampu pengatur lalu lintas menyala merah. Ketika lampu menyala hijau, ia siap menginjak gas mobilInya. Tiba- tiba ada pejalan kaki menyebrang tepat di zebracross depan mobilnya. Jika anda pak Zain Arif, tindakan yang anda lakukan adalah...

 

A. Membunyikan klakson mobil berkali-kali agar pejalan kaki mengurungkan niatnya menyebrang jalan

 

B. Tetap melanjutkan mobilnya dengan harapan pejalan kaki berhenti menyeberang jalan

 

C. Tetap berhenti sambil menggeber mobil agar pejalan kaki yang hendak menyebarang berjalan lebih cepat  

 

D. Berhenti sejenak memberi kesempatan pejalan kaki menyebrang jalan

 

E. Saya berpikir untuk jalan dengan harapan tidak terjadi apa-apa

 

Soal No 2

Ditengah proyek besar dan membutuhkan tanggung jawab besar saya mengalami kegagalan besar yang sangat mengancam karir saya, sebaiknya saya ...

 

 

A. Meminta maaf atas kegagalan saya

 

B. Bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang saya lakukan

 

C. Tidak berputus asa, saya jadikan kegagalan ini sebagai penguat langkah kedepan

 

D. Bertanggung jawab dengan segera mengundurkan diri dari pekerjaan

 

E. Mencari-cari dalang dibalik kegagalan ini

 

Soal No 3

Di perusahaan saya ingin dikenal sebagai karyawan teladan yang patut untuk dicontoh. Untuk mewujuckan cita-cita saya tersebut saya harus melakukan hal-hal yang mendukung kinerja saya agar perusahaan menjadi lebih maju lagi. Perilaku yang saya hindari adalah...

 

 

A. Menjunjung tinggi peraturan dan perintab atasan

 

B. Berusaha semaksimal mungkin jika diberikan tugas yang berat

 

C. Mau membantu rekan yang membutuhkan kemampuan saya

 

D. Segera berangkat jika ditugaskan keluar kota

 

E. Mempertimbangkan jika disuruh melakukan kegiatan baru

 

Soal No 4

Suatu ketika karena ada masalah yang terjadi dirumah, anda masuk kerja dengan suasana hati yang kurang baik. Apa yang akan anda lakukan selanjutnya...

 

A. Bercerita mengenai masalah saya pada rekan kerja

 

B. Bekerja dengan bermalas-malasan

 

C. Beristirahat lebih lama agar suasana hati dapat membaik

 

D. Tetap bekerja seperti biasa

 

E. Pulang lebih cepat agar tidak semakin stress

 

Soal No 5

Teman saya menanyakan hasil pembicaraan saya dengan atasan, sikap saya...

 

A. Tidak membahasnya, karena pekerjaan saya biarlah hanya saya dan atasan yang tahu

 

B. Mengatakan bahwa semua berjalan dengan baik

 

C. Mengatakan apa adanya dan meminta saran kepada teman anda bila diperlukan

 

D. Mengatakan bahwa anda dapat menyelesaikannya sendiri

 

E. Tidak membahasnya dan mengalihakan topik agar teman saya tidak sakit hati Integritas

 

Soal No 6

Anda adalah seorang anggota dari sebuah organisasi yang memiliki aturan bahwa setiap anggotanya dilarang untuk menggunakan fasilitas organisasi tanpa izin. Suatu ketika karena suatu alasan anda melanggar peraturan tersebut dan mendapat teguran. Sikap anda adalah....

 

A. Memberi alasan yang dapat diterima mengapa saya melanggar peraturan tersebut

 

B. Saya akan menerima teguran tersebut karena memang salah meskipun akan menghadapi konsekuensi untuk dibenci oleh anggota lain

 

C. Menemui ketua organisasi sebelum mendapat teguran

 

D. Menunggu dipanggil dan mempersiapkan jawaban yang akan saya berikan

 

E. Pasrah akan nasib yang akan diterima

 

Soal No 7

Anda baru dipindahkan ke unit kerja yang pegawainya sering membolos. Hal ini tentu sangat mengganggu jalannya operasional kantor. Maka sebagai kepala unit yang akan anda lakukan adalah?

 

A. Memberikan surat peringatan.

 

B. Menanyakan alasan mereka membolos.

 

C. Menasehati mereka agar sadar akan kewajibannya.

 

D. Mengancam akan mengeluarkan pegawai tersebut.

 

E. Memarahinya tiap kali membolos.

 

Soal No 8

Anda ditunjuk menjadi seorang pemimpin pada sebuah tim dari berbagai lulusan universitas terkemuka. Akhir akhir ini tim anda mendapatkan banyak tugas dengan deadline yang lumayan singkat, akan tetapi tim anda selalu berhasil menyelesaikan tugas-tugas tersebut dengan hasil yang memuaskan, Banyak yang menilai jika kinerja tim anda sangat bagus. menurut anda apa penyebabnya

 

A. Seluruh anggota tim bekerja dengan disiplin dan profesional dalam menyelesaikan tugas

 

B. Semua anggota tim menjiwai tujuan tim

 

C. Anggota tim masing masing mempunyai potensi yang bagus di setiap bidangnya

 

D. Kekompakan, bermusyawarah mufakat dalam bekerja

 

E. Motivasi yang bagus kepada seluruh anggota tim

 

Soal No 9

Menurut anda, kemampuan bekerja yang tinggi diperlukan ketika...

 

A. Saat dalam keadaan terdesak

 

B. Kapan saja saat kita bertugas

 

C. Bila situasi dan kondisi memungkinkan

 

D. Bila diminta oleh atasan

 

E. Ketika ada imbalan setimpal

 

Soal No 10

Di kantor saya terkenal sebagia karyawan yang sering memberikan bantuan terhadap sesama rekan kerja dalam berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan bantuan anda

 

A. Saya akan langsung memberikan membantu sesuai dengan kemampuan saya dengan begitu dapat meringankan beban mereka

 

B. Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn saya, baru setelah itu membantu dengan iklas

 

C. Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.

 

D. Saya akan membantu tapi terlebih dahulu saya akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang tepat atas permasalahan mereka

 

E. Saya bertanya dahulu jika saya mampu saya akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan saya


Untuk membaca soal berikutnya silahkan download : disini

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.