SOAL KOMPETENSI TEKNIS PPPK 2021
Kompetensi Teknis PPPK 2021 |
Kompetensi Teknis guru merupakan salah satu tes yang akan dihadapi oleh para guru honorer yang ingin mengikuti ujian PPPK 2021 yang sebentar lagi akan dilaksanakan serentak di Indonesia. Untuk itu kami sediakan 50 soal PPPK kompetensi Teknis guru sebagai bahan belajar lengkap dengan pembahasan.
Selain Kompetensi Teknis, soal PPPK juga akan menghadirkan kemampuan kompetensi manajerial dan kemampuan kompetensi sosio kultural. Untuk berlatih soal-soal kompetensi manajerial bisa dibaca di 50+ soal PPPK kompetensi Manajerial lengkap dengan pembahasan 2021 dan 20+ soal PPPK kompetensi sosio kultural lengkap dengan pembahasan.
SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS PPPK (P3K) 2021
Soal No 26
Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
Soal No 27
Berikut ini adalah bentuk diferensiasi proses pembelajaran….
A. Menyediakan alat peraga sesuai kemampuan siswa
B. Menggunakan bahan ajar yang beragam
C. Menggunakan bahasa teknis sesuai kemampuan siswa
D. Membentuk kelompok kecil
Soal No 28
Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut.....
A. Kompetensi Dasar
B. Standar Kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi Lulusan
Soal No 29
Tujuan utama pengembangan keprofesian lanjutan adalah untuk….
A. Menambah pengalaman penelitian dan publikasi
B. Meningkatkan mutu pengelolaan pembelajaran
C. Meningkatkan karir jabatan profesi guru
D. Meningkatkan profesionalitas guru
Soal No 30
Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu....
A. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
B. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
C. Memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
D. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
Soal No 31
Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus memperhatikan….
A. substansi, konstruksi, bahasa
B. substansi, konstruksi, validitas, skor
C. substansi, bahasa konstruksi, skor
D. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas
Soal No 32
Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?
A. Kurikulum
B. Kerangka pembelajaran
C. Sistem Pembelajaran
D. Rencana Pembelajaran
Soal No 33
Pernyataan terkait komponen Tujuan Pembelajaran pada RPP berikut ini yang tidak tepat adalah ….
A. Dirumuskan berdasarkan KD
B. Menggunakan kata kerja operasional
C. Mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan
D. Setara indikator pencapaian kompetensi
Soal No 34
MENCUNGAP sepadan dengan kata....
A. Menguap
B. Tertutup
C. Mengantuk
D. Ternganga
Soal No 35
Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:
A. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar
D. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa
dalam memahami pokok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan dan
remedial
Soal No 36
Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
Soal No 37
Seorang guru mengelola proses pembelajaran Matematika SMP dengan fokus tujuan mata pelajaran yang hendak dicapai adalah “mengembangkan penalaran”. Pengalaman belajar siswa yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah...
A. Membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras
B. Menentukan luas permukaan bangun balok
C. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan teorema kesetaraan
D. Menjelaskan kedudukan titik dalam
bidang koordinat Kartesius
Soal No 38
Pengamatan pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian?
A. Kinerja
B. Produk
C. Portofolio
D. proyek
Soal No 39
Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional adalah....
A. Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003
B. Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 200
C. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003
D. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003
Soal No 40
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.
D. diberikan materi bahan ajar yang
lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan
tinggi
Soal No 41
Perhatikan petunjuk berikut!
(1) Pecahkan telur dan masukkan
isinya ke dalam minyak yang telah panas dengan hati-hati!
(2) Siapkan telur secukupnya!
(3) Angkat dan tiriskan setelah
matang atau sesuai selera!
(4) Panaskan minyak atau margarin di
atas penggorengan!
Urutan pembuatan petunjuk membuat telur mata sapi yang tepat adalah…
A. (2), (3), (1), (4)
B. (2), (4), (1), (3)
C. (4), (2), (3), (4)
D. (4), (3), (2), (1)
Soal No 42
Pada waktu mengajar, guru memberikan
hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau
menyelesaikan sebuah soal. Dalam perihal ini guru menerapkan teori belajar
A. Clasical Conditioning
B. Connectionesm
C. Behaviorism
D. Operant Conditioning
Soal No 43
Pemberian umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu jenis umpan balik jika siswa homogen adalah...
A. Representative feedback
B. Comulative feedback
C. Quantitative feedback
D. Institutionalized feedback
Soal No 44
Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru.
A. memberi contoh penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah
permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
Soal No 45
Berikut ini adalah implikasi perkembangan kepribadian siswa dalam pembelajaran, kecuali ….
A. Materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari
B. Guru menjadi model bagi siswa
C. Penanaman nilai-nilai religius dan moral
D. Metode pembelajaran yang sesuai
dengan perkembangan siswa
Soal No 46
Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan
diri
Soal No 47
Berikut ini merupakan permasalahan dalam Pendidikan yang mendasar, kecuali...
A. Mahalnya biaya Pendidikan
B. Korupsi dana Pendidikan
C. Kurangnya minat masyarakat akan Pendidikan
D. Kurangnya fasilitas Pendidikan
Soal No 48
Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….
A. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal
B. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes
C. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan instrument penilaian
D. Belajar tuntas, penilaian otentik,
berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan
instrument penilaian
Soal No 49
Sinonim dari kata IMPERATIF adalah….
A. Bersifat memerintah
B. Bertindak menjajah
C. Berlaku seperti dinasti
D. Berlaku seperti kerajaan besar
Soal No 50
Sinonim dari kata KOMPILASI adalah....
A. Penghitungan dengan komputer
B. Kumpulan tulisan yang teratur
C. Ikhtisar karangan ilmiah lengkap
D. Kumpulan informasi yang rumit
Untuk belajar soal nomor 1--25 klik disini.
Artikel yang sangat bermanfaat. Sehat terus ya Pak
BalasHapussama-sama
Hapus