Seo Services

Materi Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 (Bermain di Lingkungan rumah)

 Tema 2

Bermain di Lingkunganku

Subtema 1 (Bermain di Lingkungan Rumah)

Pembelajaran 1

Beni dan Tiur asyik bermain.

Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.

 

Ayo Bernyanyi!

Nyanyikan lagi berikut bersama teman, atau orang tuamu!

            Berdayung

Do=F ¾ sedang                        Cipt: A.T Mahmud

Lajulah perahuku laju

Meluncur di air biru

Lajulah perahuku laju

Ke tempat yang aku tuju

Jangan hirau angin datang

Biarkan bertiup kencang

Lajulah perahuku laju

Ke tempat yang aku tuju

 

JIka ingin mendengarkan lagunya klik Lagu “Berdayung”.

Link : https://youtu.be/TQ2PHlIOoY0

Ayo Membaca!

Bunyi beraturan disebut nada.

Ada nada panjang dan ada nada pendek.

Panjang dan pendek nada dapat dihitung dengan Ketukan.

Nada 2 ketuk I 7 . I 6 . I

Ada 1 buah tiitik di belakangnya.

Jadi, nadanya diperpanjang 1 ketuk.

Nada 1 ketuk I 5 6 5 3 I 2 3 2 1I

Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.

TUGAS A!

1. Apa yang dimaksud dengan Nada!

2. Untuk menghitung panjang dan pendek nada dapat menggunakan ….

3.  Berilah tanda yang tepat!



Ayo Membaca!

Bermain Perahu Kertas

Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Permainan ini sangatlah sederhana.
Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah
perahu.
Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di
dalam baskom berisi air.
Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan
air di saat hujan turun.
Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.
Beni sangat menyukai permainan ini.

TUGAS B!

1. Berdasarkan bacaan di atas, bagaimana cara memainkan perahu kertas?

 

Ayo Mengamati!

Beni membuat 2 buah perahu kertas.

Tiur membuat 2 buah perahu kertas.

Ayah membuat 2 buah perahu kertas lagi.

Berapa jumlah perahu semuanya?

Dari penjelasan di atas, kita belajar merubah bentuk penjumlahan menjadi bentuk perkalian.

Misal,

1) 3 + 3 + 3 + 3 = 4 x 3 = 12

2) 5 + 5 + 5 = 3 x 5 = 15

3) 3 x 6 = 6 + 6 + 6 = 18

4) 4 x 8 = 8 + 8 + 8 + 8 = 32

Ingat! Jangan sampai terbalik ya!

3 x 9 artinya ada 9 sebanyak 3 lalu dijumlahkan!

3 x 9 = 9 + 9 + 9 = 27

TUGAS C!

Tentukan bentuk penjumlahan dan perkalian soal berikut!

3) Rubahlah menjadi bentuk perkalian!

a) 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = …. X … = ….

b) 5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = …. X … = ….

c) 6 + 6 + 6 + 6 = …. X …. = ….

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.