Seo Services

Rangkuman Materi dan Soal Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain Pembelajaran 1 dan 2

Tema 7 Kebersamaan
Subtema 3 (Kebersamaan di Tempat Bermain)
Pembelajaran 1 dan 2

Materi Pelajaran
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah. (PPKn)
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan (Bahasa Indonesia)
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis (Bahasa Indonesia)
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2 , 1/3, dan 1/4 menggunakan bendabenda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

Bermain di Taman

Gambar 1. Bermain di Taman

Hari ini hari Minggu.

Siti mengajak teman-temannya bermain di taman.

Mereka bermain Kuicing dan Tikus.

Selesai bermain mereka penasaran tentang kisah kucing dan tikus.

Mengapa kucing dan tikus bermusuhan?

Bacalah dongeng fabel tentang “Kisah Kucing dan Tikus” berikut!

Kisah Kucing dan Tikus

Dahulu kala Kucing dan Tikus bersahabat.

Kemana saja Kucing pergi, Tikus selalu ikut.

Pada suatu hari, Tikus berkata kepada Kucing.

Tikus : “Hai, Kucing!”

Kucing : “Ada apa?”

Tikus : “Mari kita makan ikan asin.”

Kucing : “Di mana kita bisa mendapatkan ikan

asin?

Tikus : “Itu di sana, digantung di rumah Pak

Tani. Ikan asinnya amat banyak, kita

akan puas memakannya.”

Rupanya Kucing tertarik pada usul Tikus. Ketika

malam tiba, Tikus dan Kucing berangkat ke

rumah Pak Tani. Mereka bersepakat, Tikus

akan memanjat ke atas, sedangkan Kucing

menunggu di bawah. Sebelum memanjat ke

atas, Tikus berpesan.

Tikus : “Kalau ada ikan asin yang jatuh ke

sini, cepatlah kamu melompat dan menerkam.

Jangan sampai ikan asin itu terpental

keluar kamar ini. Nanti kita ketahuan!”

Akhirnya Tikus memanjat ke atas tempat ikan

asin digantung. Setelah ia menemukan ikan

asin yang bagus dan besar, ia lupa janjinya

kepada Kucing yang kelaparan menunggu

dengan siaga sambil menengadahkan

kepalanya ke atas.

Kucing : “Kok, lama benar Tikus di atas? Tikus

sudah mendapatkan ikan asin apa

belum, ya? Perutku sudah lapar sekali!”

Tikus pun mendapatkan lagi ikan asin yang

paling besar dan bagus. Tikus mulai menggerek

tali pengikat ikan asin itu. Belum selesai

tali pengikat ikan asin itu digerek, karena

kekenyangan, tegang, dan takut ketahuan oleh

penghuni rumah, tiba-tiba Tikus salah injak

dan terjatuh. Sebelum sampai ke bawah, Tikus

berkata.

Tikus : “Jangan kau makan saya. Saya adalah

Tikus kawanmu, jangan makan saya!”

Kucing : “Ikan asin …..sin…..siin…..!”

Tikus : “Aduh, saya bukan ikan asin! Saya

kawanmu! Saya belum sempat

menjatuhkan ikan asin itu, lalu saya

terjatuh. Kuciiiiing, saya bukan ikan

asin!"

Kucing : “Ikan asin ……me…..me…..ong!”

Kucing tetap tidak menghiraukan Tikus dan

merasa ditipu olehnya. Di sinilah asal mulanya

Kucing dan Tikus tidak akur. Tikus merasa sakit

hati pada Kucing yang memakannya. Kucing

pun tidak percaya lagi pada Tikus, sebab Tikus

telah memakan ikan asin sendiri. Sejak saat itu

pertama kalinya Kucing memakan Tikus, sebab

Kucing selalu beranggapan bahwa Tikus adalah

ikan asin.

Selesai membaca dongeng, Siti dan teman-teman melanjutkan bermain.

Mereka membagi kelompok berdasarkan perbedaan tinggi badan.

Siti, Dayu, dan Reni memiliki tinggi badan 111-120 cm.

Tito, Dono, dan Indro memiliki tinggi 120-130 cm.

Mereka membagi kelompok secara acak agar masing-masing kelompok memiliki anggota yang memiliki tinggi badan yang sama.

Walaupun berbeda tinggi badan, jenis kelamin, suku, agama, dan budaya mereka tetap semangat bermain bersama. Mereka saling menghormati perbedaan. Kebersamaan dapat tercipta karena mereka saling menyayangi sebagai teman. Dengan kebersamaan menciptakan persatuan. Seperti pepatah “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.


Tugas Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 2

1. Sebutkan kata sapaan yang ada dalam dongeng “Kucing dan Tikus”!

Jawab : ………………………………………………………………..

2. Apa yang menyebabkan Kucing dan Tikus bermusuhan?

Jawab : ………………………………………………………………..

3. Pelajaran atau pesan apa yang dapat kamu ambil dari kisah “Kucing dan Tikus”?

Jawab : ………………………………………………………………..

4. Nyatakan jumlah makanan yang dimakan tikus dan kucing (X) dalam bentuk pecahan!

Jawab : ..................................................................................................

5. Sebutkan 3 cara menjaga persatuan dan kebersamaan dalam perbedaan!

Jawab : ………………………………………………………………..

6. Buatlah tabel tinggi badan dan nama orang anggota keluargamu!

Jawab : ………………………………………………………………..

Tidak ada komentar:

ads 728x90 B
Diberdayakan oleh Blogger.