Rangkuman Materi dan Soal Kelas 2 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain Pembelajaran 1 dan 2
Tema 7 Kebersamaan
Subtema 3 (Kebersamaan di Tempat
Bermain)
Pembelajaran 1 dan 2
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah. (PPKn)
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan (Bahasa Indonesia)
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis (Bahasa Indonesia)
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2 , 1/3, dan 1/4 menggunakan bendabenda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
Bermain di Taman
Gambar 1. Bermain di Taman |
Hari ini hari Minggu.
Siti mengajak teman-temannya bermain di taman.
Mereka bermain Kuicing dan Tikus.
Selesai bermain mereka penasaran tentang kisah kucing dan
tikus.
Mengapa kucing dan tikus bermusuhan?
Bacalah dongeng fabel tentang “Kisah Kucing dan Tikus”
berikut!
Kisah Kucing dan Tikus
Dahulu kala Kucing dan Tikus bersahabat.
Kemana saja Kucing pergi, Tikus selalu ikut.
Pada suatu hari, Tikus berkata kepada Kucing.
Tikus : “Hai, Kucing!”
Kucing : “Ada apa?”
Tikus : “Mari kita makan ikan
asin.”
Kucing : “Di mana kita bisa
mendapatkan ikan
asin?
Tikus : “Itu di sana, digantung di
rumah Pak
Tani. Ikan asinnya amat
banyak, kita
akan puas memakannya.”
Rupanya Kucing tertarik pada usul Tikus. Ketika
malam tiba, Tikus dan Kucing berangkat ke
rumah Pak Tani. Mereka bersepakat, Tikus
akan memanjat ke atas, sedangkan Kucing
menunggu di bawah. Sebelum memanjat ke
atas, Tikus berpesan.
Tikus : “Kalau ada ikan asin yang
jatuh ke
sini, cepatlah kamu melompat
dan menerkam.
Jangan sampai ikan asin itu
terpental
keluar kamar ini. Nanti kita
ketahuan!”
Akhirnya Tikus memanjat ke atas tempat ikan
asin digantung. Setelah ia menemukan ikan
asin yang bagus dan besar, ia lupa janjinya
kepada Kucing yang kelaparan menunggu
dengan siaga sambil menengadahkan
kepalanya ke atas.
Kucing : “Kok, lama benar Tikus di
atas? Tikus
sudah mendapatkan ikan asin
apa
belum, ya? Perutku sudah
lapar sekali!”
Tikus pun mendapatkan lagi ikan asin yang
paling besar dan bagus. Tikus mulai menggerek
tali pengikat ikan asin itu. Belum selesai
tali pengikat ikan asin itu digerek, karena
kekenyangan, tegang, dan takut ketahuan oleh
penghuni rumah, tiba-tiba Tikus salah injak
dan terjatuh. Sebelum sampai ke bawah, Tikus
berkata.
Tikus : “Jangan kau makan saya.
Saya adalah
Tikus kawanmu, jangan makan
saya!”
Kucing : “Ikan asin
…..sin…..siin…..!”
Tikus : “Aduh, saya bukan ikan
asin! Saya
kawanmu! Saya belum sempat
menjatuhkan ikan asin itu,
lalu saya
terjatuh. Kuciiiiing, saya
bukan ikan
asin!"
Kucing : “Ikan asin
……me…..me…..ong!”
Kucing tetap tidak menghiraukan Tikus dan
merasa ditipu olehnya. Di sinilah asal mulanya
Kucing dan Tikus tidak akur. Tikus merasa sakit
hati pada Kucing yang memakannya. Kucing
pun tidak percaya lagi pada Tikus, sebab Tikus
telah memakan ikan asin sendiri. Sejak saat itu
pertama kalinya Kucing memakan Tikus, sebab
Kucing selalu beranggapan bahwa Tikus adalah
ikan asin.
Selesai membaca dongeng, Siti dan teman-teman melanjutkan
bermain.
Mereka membagi kelompok berdasarkan perbedaan tinggi badan.
Siti, Dayu, dan Reni memiliki tinggi badan 111-120 cm.
Tito, Dono, dan Indro memiliki tinggi 120-130 cm.
Mereka membagi kelompok secara acak agar masing-masing
kelompok memiliki anggota yang memiliki tinggi badan yang sama.
Walaupun berbeda tinggi
badan, jenis kelamin, suku, agama, dan budaya mereka tetap semangat bermain
bersama. Mereka saling menghormati perbedaan. Kebersamaan dapat tercipta karena
mereka saling menyayangi sebagai teman. Dengan kebersamaan menciptakan
persatuan. Seperti pepatah “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.
Tugas Tema 7 Subtema
3 Pembelajaran 1 dan 2
1. Sebutkan kata sapaan yang ada
dalam dongeng “Kucing dan Tikus”!
Jawab : ………………………………………………………………..
2. Apa yang menyebabkan Kucing dan Tikus bermusuhan?
Jawab : ………………………………………………………………..
3. Pelajaran atau pesan apa yang dapat kamu ambil dari kisah “Kucing
dan Tikus”?
Jawab : ………………………………………………………………..
4. Nyatakan jumlah makanan yang dimakan tikus dan kucing (X) dalam
bentuk pecahan!
Jawab : ………………………………………………………………..
6. Buatlah tabel tinggi badan dan nama orang anggota
keluargamu!
Jawab : ………………………………………………………………..
Tidak ada komentar: