Rangkuman Materi dan Soal Tematik Kelas 2 Tema 7 Kebersamaan Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4 Kurikulum 2013 rev 2017

Seo Services

Tema 7 Kebersamaan
Subtema 2 (Kebersamaan di Sekolah)
Pembelajaran 3 dan 4

Materi Pelajaran
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah. (PPKn)
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan (Bahasa Indonesia)
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis (Bahasa Indonesia)
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2 , 1/3, dan 1/4 menggunakan bendabenda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
 
Gambar 1. Piket Kelas

Setiap hari, semua siswa bertugas menjaga kebersihan kelas. Setiap hari, ada yang bertugas piket. Setiap kelompok piket terdiri atas siswa laki-laki dan siswa perempuan. Ruang kelas 2, pagi ini sangat bersih. Hari ini, Siti dan teman-teman membaca dongeng Kiki dan Kiku.

Bacalah dongeng di bawah ini!

Dongeng Kiki dan Kiku

Ada dua ekor burung kecil yang tinggal di dahan
pohon. Mereka bernama Kiki dan Kiku. Kedua
burung itu bersahabat, tetapi tabiat mereka
berbeda. Kiki selalu bangun pagi sebelum
matahari terbit. Ia berolahraga di dahan-dahan
pohon, meloncat dari dahan ke dahan, terbang
mengelilingi pohon-pohon dan menyanyi. Kiki
paling senang bila ia dapat melihat matahari terbit.
“Selamat pagi, Matahari yang baik,” sapa Kiki
ramah. “Selamat pagi juga, Kiki! Ho ho ho, pagi
ini lagi-lagi kau bangun lebih pagi dariku,”sahut Matahari.
Matahari dan Kiki hampir setiap hari mengobrol.
Kalau Kiki rajin bangun pagi, Kiku sebaliknya.
Ia tak pernah bangun kalau matahari belum
berada di atas pucuk pohon. Karena tidur terlalu
lama dan jarang berolahraga, Kiku sering sakit.
Kiki jengkel dengan kemalasan Kiku. Karena ia
tak bisa membereskan tempat tidurnya pada pagi hari.


Kiki mencari akal agar Kiku tidak malas bangun pagi lagi.
Kiku, pernahkah engkau makan cacing?” tanya Kiki pada suatu hari.
“Belum, bagaimana rasanya?” Kiku merasa tertarik.
“Belum pernah makan cacing? Kalau begitu,
jangan sebut dirimu burung. Setiap burung
sejati pasti pernah makan cacing setiap pagi,”
kata Kiki sambil menepuk dada. “Kalau begitu
aku akan mencari cacing,” kata Kiku penasaran.
Kau akan cari cacing di mana?” ejek Kiki.
“Aku? Aku tidak tahu,” sahut Kiku malu. “Aku
mau memberitahu. Asal kau mau bangun pagi-pagi besok,” ujar Kiki. “Baiklah!” kata Kiku.

Esok harinya, seperti biasa Kiki bangun
sebelum matahari terbit. Ia bersusah payah
membangunkan Kiku. Karena Kiku masih
mengantuk, Kiku sering menutup matanya.
“Lihat, Kiku! Bu Ayam sedang mengaisngais tanah. Cacingnya banyak sekali!


Tidakkah engkau ingin memakannya?” tanya
Kiki. Seketika itu Kiku yang berjalan sambil
terkantuk-kantuk, membuka matanya.
“Petok... petook! Ayo, Kiki, ajak temanmu
sarapan bersama,” ajak Bu Ayam. Mereka pun
sarapan pagi dengan gembira.
“Kiki, aku sudah makan cacing. Jadi aku adalah
burung sejati,” kata Kiku. “Tapi burung sejati pun
selalu bangun sebelum matahari terbit,” kata Kiki.
"Aku akan membiasakan bangun pagi mulai
sekarang. Karena ternyata bangun pagi itu
menyenangkan. Aku merasa badanku sangat
sehat,” kata Kiku. “Mulai sekarang kita bisa
berolahraga pagi,” kata Kiki.
“Tentu!” “Kalau begitu mari kita terbang.
Satu, dua, tiga!” seru Kiki. Kedua burung itu
melesat ke udara. Mereka terbang dengan riang
di antara dahan-dahan pohon.

Dari cerita dongeng fabel di atas, kita dapat menentukan kata sapaan.

Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang (memangggil) yang diajak berbicara atau menggantikan nama orang.

Contoh kata sapaan :

a. Nama orang : Kiku, Tono, Siti, si ayam, dll

b. Kekerabatan : ibu, paman, bibi, adik, kakak, kawan, sahabatku, dll

c. gelar kepangkatan : pak dokter, pak lurah, pak camat, dll

Ayo kita temukan kata sapaan pada dongeng di atas!

Kata sapaan yang diucapkan oleh Kiki : Matahari yang baik.

Kata sapaan yang diucapkan Matahari : Kiki

Gambar 2. Belajar Kelompok

Selesai membaca dongeng, Siti dan teman-temannya belajar berkelompok. Setiap kelompok memiliki karakteristik dan asal daerah yang berbeda-beda.

Siti satu kelompok dengan Dayu.

Siti berasal dari jawa, Dayu berasal dari Bali.

Beni satu kelompok dengan Edo.

Beni berasal dari Batak, Edo berasal dari Papua.

Ayu satu kelompok dengan Made.

Ayu berasal dari Jawa, Made berasal dari Bali.

Kelompok Belajar ada yang terdiri dari 2 anggota dan ada yang terdiri dari 3 anggota.

Siti dan Dayu dalam kelompok yang sama.

Jumlah anggota ada 2 orang.

1 orang berjenis kelamin perempuan yaitu siti.

Dan 1 orang berjenis kelamin perempuan yaitu dayu.

Berapa pecahan yang menyatakan banyak laki-laki dan banyak perempuan?

Banyak laki-laki adalah ½ ( 1 laki-laki dari 2 orang)

Banyak perempuan adalah ½ ( 1 perempuan dari 2 orang)

Beni, Edo, dan Wati dalam kelompok yang sama.

Jumlah anggota mereka ada 3 orang.

1 orang berjenis kelamin perempuan yaitu Wati.

2 orang berjenis kelamin laki-laki yaitu Beni dan Edo.

Berapa pecahan yang menyatakan jumlah laki-laki dalam kelompok?

Banyak laki-laki dalam kelompok adalah 2/3 ( 2 laki-laki dari 3 orang)


Tugas Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3 dan 4

1. Tentukan Kata sapaan pada kalimat berikut ini!

Jawab : 
a. Kalimat 1 : Matahari yang baik.
b. Kalimat 2 : ...
c. Kalimat 3 : ...
d. Kalimat 4 : ...
e. Kalimat 5 : ...

2. Tentukan pecahan yang menyatakan banyaknya anak laki-laki dan perempuan!
a

b
Jawab :

a) Anak laki-laki = ........, dan anak perempuan = ..........

b) Anak laki-laki = ........, dan anak perempuan = ..........

3. Kelompokkan nama anak dan asal daerahnya pada bacaan di atas!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.